Tari Serumpai, Tarian Khas Kalimantan Timur yang Unik dan Memukau

By | Oktober 28, 2019
tari serumpai

Tari Serumpai, Tarian Khas Kalimantan Timur yang Unik dan Memukau. Tari tradisional atau tarian adat merupakan suatu tarian yang pada dasarnya telah berkembang di suatu daerah tertentu. Berpedoman luas dan juga berpijak pada sebuah adaptasi kebiasaan secara turun temurun yang dipeluk atau dianut oleh masyarakat yang memiliki tari tersebut.

Kalimantan merupakan sebuah wilayah tempat bermukimnya suku dayak. Suku dayak ini selain terkenal dengan keperkasaannya maka juga terkenal dengan budayanya seperti Tari-tarian. Suku dayak ini memiliki berbagai macam tarian dengan gerak yang menarik, eksotis, unik, dan juga memukau. Salah satu dari tarian tersebut yaitu tari serumpai.

Mengenal Asal Usul Tari Serumpai, Tarian Khas Kalimantan

Tarian Serumpai merupakan tarian khas dari suku Dayak Benuaq yang berada di Kalimantan. Penggambarannya itu hampir sama dengan tari Monong atau tari Manang yang berhubungan dengan penyakit. Bedanya untuk tarian ini menolak wabah penyakit dan juga mengobati orang yang digigit oleh anjing gila.

Dikenal sebagai Tari Serumpai karena pada tarian ini telah menggunakan alat musik yang bernama Serumpai. Sejenis suling yang terbuat dari bambu sebagai musik pengiring dari tarian ini. Ketika menari, hampir seluruh pakaian suku dayak dilengkapi dengan berbagai hiasan. Berupa berbagai manik-manik dan juga bulu burung khas Kalimantan, yaitu burung Enggang atau rangkong.

Seperti yang biasa digunakan oleh penari kancet ledo. Maka modelnya juga menggunakan pakaian suku Dayak Kenyah. Baju ini yang dilengkapi hiasan bulu burung Enggang di jari-jari para penari serta baju tanpa lengan yang dipenuhi dengan berbagai manik-manik cantik.

Fungsi Dari Tari Serumpai

Secara umum, fungsi dari sebuah tari Serumpai ini yaitu  sebagai hiburan, media pergaulan, media pendidikan dan juga pertunjukan. Seni tarian adat ini mempunyai fungsi yang berbeda-beda tergantung dari jenisnya. Seni tari adat ini terbagi menjadi 3 jenis, yaitu tari upacara, tari hiburan dan tari pertunjukan.

  • Sarana upacara

Tari adat tari Serumpai ini digunakan juga sebagai sarana upacara banyak macamnya. Seperti halnya untuk upacara keagamaan atau upacara penting lainya. Tari dari Kalimantan, ini disajikan saat upacara adat selamatan.

  • Sarana Hiburan

Tari ini juga bertujuan untuk menghibur penonton, biasanya para penonton yang ikut terhibur juga ikut menari karena lagunya enak dan juga mengasyikkan.

  • Sarana Penyaluran Terapi

Tari jenis ini juga ditunjukkan untuk yang berkebutuhan khusus seperti halnya penyandang cacat fisik. Penyalurannya bisa dilakukan secara langsung  dan tidak langsung.

  • Sarana Pendidikan

Tari Serumpai jenis ini juga mempunyai tujuan untuk bisa mendidik anak agar bersikap dewasa dan juga terjaga dari pergaulan yang melanggar norma-norma.

  • Sarana Pergaulan

Tari jenis ini juga merupakan tari yang melibatkan beberapa orang maka dari itu kegiatan seperti itu bisa berfungsi sebagai sebuah sarana pergaulan.

  • Sarana Pertunjukkan

Tari jenis ini juga dipentaskan atau dipertunjukkan dengan persiapan yang matang. Bisa dilihat dari segi artistik, koreografi, interpretasi, konsepsional dan juga tema yang menarik. Tari pertunjukkan juga mempunyai sebuah peran untuk bisa mengembangkan pariwisata daerah.

  • Sarana Katarsis

Katarsis yang punya arti pembersihan jiwa. Seni tari ini sebagai sebuah sarana katarsis yang mudah untuk dilaksanakan oleh orang-orang yang mempunyai penghayatan seni mendalam seperti halnya para seniman.

Keunikan yang memukau dari tarian adat tari Serumpai ini sangat patutu untuk dijaga dan dilestarikan. Tarian tradisional suatu wilayah itu menyimpan keanekaragaman yang bisa memikat siapapun yang menyaksikannya. Sebagai generasi penerus maka sangat penting untuk Anda semua menjaga budaya ini agar tidak punah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *